Rabu, 08 Januari 2014

Renungan

Renungan
Pernah nggak sih mikir “memangnya Tuhan itu bener-bener ada? Kenapa dia nggak bisa nampak? Kenapa nggak mau nampakin wujudnya?”
Pernah nggak sih mikir “kalau Tuhan nggak nampakin wujudnya, apa benar yang namanya Tuhan benar-benar ada? Gaib itu benar-benar ada atau bagaimana sebenarnya? Atau malah yang namanya Tuhan itu hanya fiktif saja?”
Pernah nggak sih mikir “kalau Tuhan itu benar-benar ada, bagaimana dia bermula? Bukankah semua yang ada di alam semesta ini memiliki permulaan? Lalu, jika Tuhan ada tanpa permulaan, apa itu masuk akal? Apa karena ingin dikatakan bahwa Tuhan memang satu-satunya yang tidak bermula? Jika Tuhan memiliki permulaan, siapakah pencipta Tuhan sesungguhnya?”
Pernah nggak sih mikir “Tuhan kenapa hebat bisa menciptakan alam semesta beserta seisi-nya seperti ini? Bagaimana caranya? Ilmu apa yang dia pelajari? Tidak ada yang bersamanya selain malaikat. Tapi malaikat itu siapa sih? Bagaimana Tuhan menciptakan malaikat?”
Pertanyaan kayak gitu sering banget terpikir. Kalau lagi bengong, mikir lagi. Kalau lagi belajar agama, mikir lagi.
Kita memang ada karena Tuhan. Tapi Tuhan sendiri ada karena siapa? Karena gue sendiri masih suka berpikir, “semua yang ada di alam semesta ini memiliki permulaan.” Tapi harus sadar, Tuhan tidak demikian.
“Tuhan tidak di-per-anak-an.”
Sampai kapan-pun, jawabannya hanya satu. “Tuhan tidak di-per-anak-an.” Tidak ada jawaban pasti. Tapi bagaimana jika masih penasaran? Dengan akal sehat pun, tidak akan pernah menemukan jawabannya.
Lalu, dimana Tuhan sekarang berada? Berada di satu tempat yang tersembunyi di alam semesta atau dimana, kah?
Bagaimana cara Tuhan menciptakan semua yang ada di alam semesta ini?
Sendiri.
Beribu-ribu tahun lalu.
Bagaimana dia bisa ada pada beribu-ribu tahun itu? Dengan cara apa?
Lalu, mengapa hanya di Bumi dia mengadakan makhluk hidup-nya? Manusia, hewan, tumbuhan? Kenapa harus di Bumi? Kenapa Bumi yang dipersiapkan?
Rahasianya tidak bisa dipecahkan. Biarkan menjadi pertanyaan makhluknya.
Dia sendiri yang tau jawabannya.
8 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik adalah yang mau meninggalkan komentar untuk membuat saya lebih baik lagi dalam menulis :)