Jumat, 05 Juli 2013

"Hidup Itu Belajar."

Mungkin sekitar beberapa hari lalu, oshi saya, @melodyJKT48 sempet nge-tweet "Hidup itu~ BELAJAR!". Hari ini, tepat #KadoUntukBlogger dari @GagasMedia telah saya terima. Dengan bangga saya mengatakan kepada mama saya "Lihat 10 buku ini. Hebat ya aku bisa dapat," begitu ujar saya. Tentu saja saya senang. Bagaimana tidak, bisa menjadi 30 blogger terpilih dari sekian banyak pendaftar saja saya sudah senang apalagi dengan hadiah yang membuat saya nekat untuk mendaftarkan diri. Dari keisengan memperhatikan tweet-tweet Gagas Media tentang lomba ini, saya pun berpikir berkali-kali "Ikut nggak ya?" "Daftar nggak ya?". Dengan sangat kebetulan sekali saat itu saya sedang on Twitter di PC. Jadi, saya bisa dengan leluasa melihat-lihat timeline GagasMedia di Twitter. Beda jika saya on di HP seperti biasanya, akan sangat ribet untuk melihat-lihat timeline GagasMedia. Kalau boleh saya jujur, saat saya membaca salah satu persyaratan yang berlaku, yaitu "suka mereview buku", saya sudah pasrah. Karena jujur saja, saya tidak pernah mereview buku apapun sebelumnya di blog, tapi saya sedang rajin-rajinnya membaca buku termasuk novel. Di blog ini lebih banyak curhatan saya tentang dunia k-pop atau hal-hal di sekolah saja. Namun dengan kenekatan, saya membuka yahoo, lalu saya mengirim e-mail ke pihak GagasMedia. Saat hendak menekan Send, saya berdoa, "Ya Allah, semoga beruntung deh. Aku siap aja kok dapat buku gratis. Aku siap mereview," begitu kata saya. Selama ada niat, nggak ada salahnya, saya pikir demikian.

Seingat saya, pengumuman siapa-siapa yang berhak mendapatkan 10 buku itu seharusnya tanggal 23 Juni dan yang terpilih seharusnya hanya 10 blogger. Lalu saat tanggal 23 Juni itu saya membuka e-mail. Isinya nihil, tidak ada e-mail apapun dari pihak GagasMedia. Akhirnya, saya pun sempat menghapus banner #unforgotTen di blog ini. Ya, memasang banner #unforgotTen adalah syarat wajib yang harus di penuhi. Batin saya "udahlah ini nggak dapat. Hapus, ah..." dan saya benar-benar menghapusnya. Namun dua hari berikutnya, saya baru membuka e-mail lagi hanya iseng dan ada 2 unread e-mail. Saya sih penasaran saja dan akhirnya saya buka. Lalu saya kaget karena ada e-mail dari pihak GagasMedia. Ada apakah? Saat saya buka e-mail itu, subject dari e-mailnya adalah


Saya saat itu langsung membuka blogger dan menuju template. Saya buru-buru memasang kembali banner #unforgotTen. Masih ada harapan bagi saya dan pikir saya demikian. Lalu saya pun memasangnya kembali.

Tanggal 27 Juni pun tiba dimana pengumuman melalui e-mail. Saya sudah tahu kalau pagi hari sudah di kirimkan e-mail namun saya baru membuka e-mail pada malam hari karena adik saya asik sekali bermain di komputer. Saat saya membuka e-mail, ternyata ada 1 unread e-mail. Saya sudah berpikir kalau mungkin saja itu pengumuman tidak di terimanya saya. Namun saya salah. Subject yang tertera adalah


Saat itu juga saya langsung lari-lari di dalam rumah. Saya memberitahu mama saya namun reaksinya hanya sedikit kaget dan seperti kok-bisa-kamu-dapat. "Aku dapat 10 buku!" dan mama saya hanya "10 buku kok banyak banget kak," sambil mengunyah makan malamnya.

Ingin saya memberitahu papa saya namun saat itu papa saya sedang jauh di Eropa dan saya ingat kalau papa mengatakan "nggak dapat wifi nih," jadi saya menunggu papa pulang ke Indonesia saja.

Tidak menunggu waktu lama, saya langsung memilih buku yang harus saya pilih. Ada banyak sekali buku yang tersedia dan saya bingung. Akhirnya saya meminta bantuan adik saya. Tepat seminggu sebelumnya, saya mau membeli Bangkok namun masih terdapat di kardus toko buku. Pada akhirnya, saya tidak jadi membeli dan saya senang sekali karena Bangkok berada dalam daftar buku yang bisa di pilih.

Lalu, apa hubungannya dengan "Hidup itu Belajar?"

Setelah saya merenungkan beberapa menit ini, saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Bahkan, sebuah persyaratan menjadi tidak ada gunanya jika kamu memiliki niat setelahnya. Tidak semua persyaratan harus kamu penuhi jika kamu sudah memenuhi persyaratan lain dan itu pun jika kamu percaya diri. Persyaratan saat itu adalah 

1.    Kemampuan Menulis
2.    Aktivitas blogging (kebaruan posting dan komentar)
3.    Lama blog dan frekuensi meresensi buku

Saya harus jujur di sini, saya sangat percaya diri dengan persyaratan nomor satu. Saya suka menulis dan saya sebenarnya orang yang perfeksionis. Saya merasa kemampuan menulis saya sudah cukup baik. Maka persyaratan nomor satu saya sanggupi.
Syarat nomor dua. Kebetulan sekali dan ini memang sebuah kebetulan baik, beberapa hari sebelum saya mendaftar, saya iseng ingin membenahi blog saya yang sangat polos. Hanya hitam putih dan tidak ada menarik-menariknya. Tidak ada widget-widget yang terpasang. Maka, saya benahi dan saya pun memposting kembali. Syarat nomor dua saya penuhi lagi dan saya sanggupi.
Namun syarat nomor tiga, saya jujur tidak bisa. Maka, saya mereview satu buku pada tanggal 25 Juni, tepat di mana saya menerima e-mail perpanjangan. Saya pikir, satu review mungkin cukup.

Dan pada akhirnya tanggal 27 Juni saya menerima e-mail jika saya terpilih. Dan suatu pembelajaran ini mungkin cukup mampu membuat saya untuk tidak takut mengikuti sebuah lomba seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik adalah yang mau meninggalkan komentar untuk membuat saya lebih baik lagi dalam menulis :)