Senin, 08 Desember 2014

Sumatif kali ini... membelakangi papan tulis.

Entah apa maksudnya sumatif kali ini diterapkan peraturan membelakangi papan tulis. Tentunya memiliki maksud.

Ada yang berspekulasi untuk menghindari kecurangan dalam menjawab soal dan ada pula agar diawasi oleh cctv yang sebenarnya, saya rasa, tidak begitu berguna pula karena, toh, ada guru pengawas yang mengawasi di depan. (untuk kasus ini, guru pengawas berada di belakang siswa)

Jauh sebelum ini, antara ingatan saya yang salah ataukah hanya imajinasi saja, dulu pernah hampir diterapkan hal seperti ini; sumatif membelakangi papan tulis. Awalnya, saya sedikit terkaget-kaget dan menganggap ini adalah hal lucu. Toh, memang lucu karena tidak biasa. Teman-teman hanya bereaksi "hah?!" dan semacamnya yang dimana menunjukkan ekspresi kaget terheran-heran.

Tapi rupanya tidak terealisasi juga. Namun untuk kali ini, hal itu terjadi.

Saya biasa saja. Jikalah alasan "aduh, nggak bisa nyontek," pun tak berpengaruh besar ke diri saya. Karena saya, membiasakan diri, tidak menyontek untuk hal-hal penting seperti ini. Saya hanya ingin membuat diri saya bertindak jujur saja. Tidak lebih dari itu. Masalah bisa atau tidak bisa mengerjakan, saya tak begitu pusingkan. Karena saya pikir, lebih baik saya jujur namun tidak bisa menjawab daripada saya tidak jujur tapi saya bisa menjawab. Sungguh sebuah tindakan yang tidak baik saya rasa. 

Namun, tentu lah, hal-hal seperti mencontek tetap tak bisa dihindari oleh sebagian dari mereka.

Mungkin.

Saya yakin masih ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik adalah yang mau meninggalkan komentar untuk membuat saya lebih baik lagi dalam menulis :)